Upaya / Cara Untuk Mengatasi Laju Pertumbuhan Penduduk yang Tinggi

Menurut Thomas Robert Malthus, laju pertumbuhan penduduk seperti deret ukur (1, 2, 4, 8, dan seterusnya ), sementara pertambangan jumlah produksi makanan seperti deret hitung (1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya), Kondisi ini sangat mengkhawatirkan bagi kelangsungan hidup manusia pada masa yang mendatang karena akan menyebabkan kekurangan bahan makanan. Upaya untuk mengatasi laju pertumbuhan yang tinggi sebagai berikut.



a. Memperluas Lapangan Pekerjaan.
Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi memicu banyaknya angkatan kerja. Kondisi ini berpotensi meningkatkan jumlah pengangguran. Untuk mengurangi jumlah pengangguran, pemerintah bekerja sama dengan pelaku usaha di dalam negeri berusha memperluas lapangan pekerjaan. Dengan begitu, banyak angkatan kerja yang terserap di dunia kerja. Jika kondisi ini bisa terwujud, jumlah pengangguran dapat berkurang.

b. Menggalakkan Program Keluarga Berencana
Semakin tinggi laju pertumbuhan penduduk, semakin besar pula jumlah penduduknya. Untuk mengendalikan dampak negatif laju pertumbuhan yang tinggi, pemerintah menggalakkan program keluarga berencana (KB). Porgram ini bertujuan untuk mengendalikan angka kelahiran sehingga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk.

c. Menggalakkan Program Transmigrasi
Tingkat kepadatan penduduk di Indonesia masih terpusat di Pulau Jawa. Ketidakmerataan persebaran penduduk ini disebabkan banyaknya fasilitas publik dan luasnya lapangan perkerjaan di Pulau Jawa. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, dikhawatirkan Pulau Jawa akan mengalami ledekan jumlah penduduk, untuk mengatasi masalah ini, pemerintah dapat menggalakkan program transmigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari wilayah padat penduduk menuju wilayah yang jarang penduduk.

d. Meningkatkan Produksi dan Menemukan Sumber Pangan Alternatif
Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi berdampak pada banyaknya kebutuhan pangan. Agar kelangsungan hidup penduduk terjaga, negara dapat meningkatkan produksi pangan. Selain itu, negara berupaya menemukan sumber pangan alternatif dalam memenuhi kebutuhan hidup penduduknya. Upaya ini bertujuan untuk mengimbangi kebutuhan bahan pangan terhadap laju pertumbuhan penduduk







Referensi: Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX SMP/MTS Terbitan Intan Pariwara 


EmoticonEmoticon