Pengertian,Fungsi, dan Struktur Jaringan Tumbuhan


Jaringan merupakan sekelompok sel yang mempunyai asal usul, bentuk, dan fungsi yang sama. Jaringan tumbuhan dikelompokkan menjadi dua, yaitu jaringan permanen dan jaringan maristem. Jaringan permanen tumbuhan tersusun dari berbagai macam jaringan yaitu epidermis, parenkim, kolenkim, sklerenkim, xilem dan floem.

Baca Juga : Pengertian Penyerbukan dan Macam-macam Penyerbukan
http://2.bp.blogspot.com/-0lAPWo6JTS0/TvACJPYFXkI/AAAAAAAAAE4/zvs1j5rFwug/s1600/macam-macam+jaringan+tumbuhan.jpg

A.Jaringan Meristem
   Jaringan meristem merupakan jaringan yang berbanding tipis dan bersifat embrional, yaitu mampu membelah terus-menerus. Jaringan ini berfungsi untuk pertumbuhan. Jaringan meristem biasanya terdapat di ujung akar,ujung batang,lembaga, dan kambium. Bentuk sel maristem biasanya sama ke segala arah seperti kubus.

B.Jaringan Epidermis
  Jaringan epidermis tersusun dari hanya selapis sel hidup yang berbentuk pipih.Epididimis tersusun rapat sehingga sehingga tidak terdapat ruangan-ruangan antar sel dan terletak di permukaan tubuh tumbuhan. Jaringan epidermis berfungsi sebagai pelindung jaringan yang ada di bawahnya dari kerusakan mekanis dan kekeringan.

C.Jaringan Parenkim
  Jaringan paremkim tersusun dari sel-sel hidup yang memiliki dinding tipis. Jaringan ini tersebar di seluruh bagian tumbuhan. Terdapat dua kelompok jaringan pada daun. Pertama, parenkim palisade. Pada jaringan ini terdapa banyak klorofil sehingga pada bagian ini berlangsungfotosintesis. Kedua, parenkim spons. Jaringan ini memiliki kloroplas yang lebih sedikit dibandingkan parenkim palisade. Parenkim spons juga berperan dalam fotosintesis dan merupakan tempat penyimpanan hasil fotosintesis untuk sementara waktu.

D.Jaringan Penguat
  Jaringan penguat berfungsi untuk memperkuat atau memperkokoh tumbuhan. Jaringan penguat terdiri atas jaringan kolenkim dan jaringan sklerenkim. Jaringan kolenkim merupakan jaringan yang dinding selnya mengalami penebalan dari selulosa yaitu pada bagian-bagian tertentu (penebalan tidak merata), sedangkan jaringan sklerenkim merupakan jaringan yang dinding selnya mengalami penebalan dari lignin secara merata. Jaringan kolenkim dan sklerenkim merupakan jaringan penguat pada tumbuhan.

E.Jaringan Pengangkut
  Jaringan pengangkut terdiri atas xilem dan floem. Saat mencangkok, bagian luar batang (kulit) dihilangkan hingga yang tertinggal hanya kayu bagian dalam. Bagian yang dihilingkan inilah yang disebut floem dan kayu bagian dalam merupakan xilem. Fungsi Xilem yaitu menyalurkan/ mengangkut air dan garam-garam mineral dari akar ke daun, sedangkan floem berfungsi untuk mengangkut zat makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.


EmoticonEmoticon