Atom dan Partikel Penyusunnya



Partikel materi merupakan bagian terkecil suatu materi. Partikel materi dibedakan menjadi tiga, yaitu atom, ion, dan molekul. Jika sebuah potongan tembaga dipotong menjadi dua bagian, potongan tersebut masih memiliki sifat tembaga. Jika dipotong lagi, potongan tersebut masih memiliki sifat tembaga dan seterusnya. Pada suatu saat potongan tembaga tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tidak dapat dipotong lagi.Meskipun ukuran partikel tersebut sangat kecil, tetapi masih memiliki sifat tembaga. Partikel terkecil yang masih memiliki sifat tembaga disebut atom tembaga.Jadi, atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur yang masih memiliki sifat unsur tersebut. Atom merupakan partikel dasar penyusun materi.

 Atom terdiri atas partikel-partikel subatom yaitu elektron (e), proton (p) dan neutron (n). berikut perbedaan antara elektron, proton, dan neutron.

1).Elektron
     pada tahun 1897 Joseph John Thomson menemukan elektron. Thomson menemukan elektron melalui percobaan sinar katode. Setelah itu, pada tahun 1909 Robert Milikan melakukan percobaan tetes minyak untuk menentukan muatan elektron. Berdasarkan percobaan tersebut, milikan menyimpulkan bahwa muatan elektron adalah -1.

2).Proton
    Pada tahun 1886 Eugene Goldstein menemukan proton. Goldstein menemukan proton melalui percobaan tabung Crookes. Berdasarkan percobaan tersebut diperoleh hasil bahwa massa 1 proton sebesar 1 sma dan muatan proton adalah +1

3).Neutron
    Pada tahun 1930 W. Bothe dan H. Becker melakukan eksperimen penembakan partikel alfa ke inti atom berillium (Be). Percobaan ini menghasilkan partikel berdaya tembus tinggi. Eksperimen ini kemudian dilanjutkan oleh James Chadwick, Fisikawan Inggris (1932). Partikel yang menimbulkan radiasi berdaya tembus tinggi itu bersifat netral atau tidak bermuatan dan massanya hampir sama dengan massa proton yaitu 1 sma. Partikel ini disebut neutron.

Atom bermuatan netral karena atom memiliki jumlah proton dan jumlah elektron sama banyak. Apabila jumlah proton lebih banyak dari pada elektron, atom akan bermuatan positif, juga sebaliknya.


EmoticonEmoticon