Peran Indonesia Dalam Kerja sama Antarnegara Bidang Sosial Budaya




Sesuai dengan prinsip kerja sama indonesia yang bebas aktif, Indonesia aktif dalam berbagai kerja sama internasional. Salah satunya adalah Indonesia aktif dalam kerja sama di bidang sosial budaya . Berbagai kegiatan diikuti Indonesia baik dalam tingkat regional ASEAN ataupun internasional. Keaktifan tersebut dapat dilihat dalam berbagai peran Indonesia Berikut.

A.Peserta dan Tuan Rumah Berbagai Kompetisi Ilmu Pengetahuan
   Salah satu keaktifan Indonesia dalam kerja sama sosial budaya dapat terlihat dari keikutsertaan Indonesia dalam berbagai kompetensi ilmu pengetahuan internasional. Kompetisi ilmu pengetahuan internasional tersebut seperti Olimpiade fisika Internasional, Olimpiade Biologi Internasional, dan Ilmu Kebumian Internasional. Dalam mengikuti ajang kompetensi tersebut Indonesia sering memperoleh prestasi membanggakan. Misalnya saat berhasil meraih 2 medali perak dan 2 medali perunggu pada 8th International Earth Science Olympiad (IESO) yang diselenggarakan di Santader, Spanyol 22-29 September 2014. Keberhasilan Indonesia ini menunjukkan kepada  dunia bahwa perlajar Inonesia mampu bersaing di tingkat internasional.

B.Aktif dalam Program Pertukaran Pelajar
    Program pertukaran pelajar adalah kegiatan pertukaran pelajar yang dilakukan dua negara atau lebih dalam waktu tertentu. Para pelajar yang menjadi delegasi pertukaran pelajar ini akan mendapatkan beasiswa dari pemerintah untuk belajar di negara yang bekerja sama dalam pertukaran pelajar. Program pertukaran pelajar ini memiliki berbagai keuntungan bagi bangsa indonesia. Keuntungan yang didapat salah satunya adalah pelajar Indonesia dapat belajar dari negara lain, kemudian ilmunya dapat diajarkan kepada para pelajar lain

C.Peserta dan Tuan Rumah Berbagai Ajang Olahraga Internasional
    Sea Games merupakan pesta olahraga negara ASEAN yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Indonesia sebagai anggota ASEAN selalu menjadi peserta dalam SEA Games. Seperti dalam ajang kompetensi ilmu pengetahuan, Indonesia juga menunjukkan prestasinya dalam SEA Games. Selama mengikuti SEA Games, Indonesia telah menjadi juara umum sebanyak 9 kali. Indonesia tidak hanya sebagai peserta dalam ajang SEA Games, tetapi juga menjadi tuan rumah sebanyak empat kali. Indonesia juga ikut dalam berbagai ajang olahraga Internasional. Ajang olahraga internasional yang diikuti Indonesia di antaranya Olimpiade, Thomas Cup dan Uber Cup.

D.Berperan Aktif dalam Kegiatan Kebudayaan Internasional
    Dalam Kegiatan Kerja Sama antarnegara sering diadakan sebuah acara atau program pertunjukan bersama hasil kebudayaan tiap-tiap negara. Dalam program ini para perwakilan negara akan menampilkan berbagai kebudayaannya seperti tarian, lagi, dan alat musik tradisional. Dalam program ini juga diselenggarakan pameran seperti kuliner dan kain yang bersal dari tiap-tiap anggota.

E.Memberikan Bantuan Kemanusiaan
    Indonesia merupakan negara yang cinta damai dan berperikemanusiaan. Oleh karena itu, Indonesia memberikan banyak bantuan kemanusiaan kepada negara-negara yang dilanda bencana alam dan konflik. Sebagai contoh Indonesia memberikan bantuan terhadap korban gempa di Nepal dan bantuan Kemanusiaan untuk Gaza, Palestina. Bantuan yang dikirimkan diantaranya berupa bahan makanan, obat-obatan,pakaian, dan tenaga medis. Sebaliknya Indonesia juga mendaptkan bantuan kemanusiaan dari negara lain


EmoticonEmoticon