Pengertian Difusi,Akulturasi,Akomodasi dan Asimilasi


Perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat tidak terjadi secara tiba-tiba. Perubahan sosial selalu menunjukkan masuknya unsur kebudayaan baru. Proses perubahan sosial dalam masyarakat terjadi melalui beberapa cara. Cara yang digunakan dalam proses perubahan sosial budaya masyarakat sebagai berikut.

A.Difusi
    Difusi adalah proses terjadinya penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari individu ke individu, dari individu ke kelompok, atau dari kelompok ke kelompok lain. Unsur-unsur kebudayaan yang disebarkan secara difusi antara lain gagasan, keyakinan, hasil kebudayaan, atau ideologi. Berdasarkan prosesnya, difusi dibedakan menjadi dua macam, yaitu difusi intra masyarakat dan difusi antar masyarakat. Difusi intramasyarakat yaitu penyebaran unsur kebudayaan antar individu atau antar kelompok dalam masyarakat.Sementara itu, difusi antarmasyarakat yaitu penyebaran unsur kebudayaan baru dari masyarakat kepada masyarakat lainnya.

B.Akulturasi
    Akulturasi adalah proses peneriman dan pengelohan unsur-unsur kebudayaan baru dari luar menjadi bagian kebudayaan sebuah masyarakat.Proses pengolahan unsur-unsur kebudayaan baru tersebut dilakukan tanpa menghilangkan sifat khas kebudayaan asli.Contohnya adalah bangunan dari masjid menara kudus.Perpaduan corak budaya Islam dan Hindu pada bangunan candi menara kudus merupakan contoh akulturasi.

C.Akomodasi
    Akomodasi merupakan proses penerimaan unsur-unsur kebudayaan luar untuk menghindari konflik.Akomodasi dapat pula dimaknai suatu proses dalam hubungan sosial yang mengarah pada adaptasi sehingga antar individu atau kelompok terjadi hubungan saling menyesuaikan untuk mengatasi ketegangan. Akomodasi menunjukkan proses penerimaan unsur-unsur kebudayaan lokal. Proses penerimaan kebudayaan lokal ini akan membawa perubahan pada masyarakat yang bersangkutan. Oleh karena itu, melalui proses akomodasi akan terjadi perubahan sosial.

D.Asimilasi
    Asimilasi adalah peleburan dua kebudayaan atau lebih yang disertai hilangnya kebudayaan baru. Proses asimilasi ditanndai adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan antar kelompok. Adanya asimilasi dapat menghapus unsur-unsur perbedaan secara horizontal dalam masyarakat. Dengan adanya asimilasi perbedaan antaranggota masyarakat dapat disatukan dalam konsep budaya baru. Sebagai contoh, membaurnya etnik Tionghoa dengan masyarakat pribumi.



EmoticonEmoticon