Fungsi Medan Magnet Pada Migrasi Hewan

 Medan magnet bumi adalah daerah di sekitar bumi yang masih dipengaruhi oleh gaya tarik bumi.Sebagian besar hewan memanfaatkan medan magnet bumi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Hewan mampu mendeteksi medan magnet bumi karena di dalam tubuh hewan terdapat magnet. Fenomena tersebut dinamakan Biomagnetik, lalu hewan apa sajakah yang memanfaatkan magnet bumi untuk migrasi? cermati uraian di bawah yang menunjukkan beberapa hewan yang melakukan migrasi di bumi.

1.Migrasi Burung.


migrasi burung

   Berberapa jenis burung, misal burung elang dan burung layang-layang melakukan migrasi pada tiap musim tertentu.Burung tersebut menggunakan partikel magnetik yang ada pda tubuhnya untuk menciptakan peta navigasi dengan memanfaat medan magnet bumi.Medan magnet bumi juga digunakan burung merpati pos pada zaman dahulu, ternyata merpati memanfaatkan medan magnet bumi sebagai penunjuk arah pulang.

2.Migrasi Salmon
ikan salmon

   Ikan salmon adalah ikan yang hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Ikan salmon merupakan ikan yang melakukan migrasi untuk berkembang biak. Ikan salmon memiliki kemampuan kebali ke aliran sungai air tawar tempat awal mereka mentetas dan tumbuh setelah berenang ribuan kilometer mengarungi lautan.

3.Migrasi Penyu.

Penyu
   Seorang peneliti bernama Kenneth Lohmann dari Universitas Carolina Utara mempelajari tingkah laku penyu saat dihadapkan dengan medan magnet yang berbeda-beda. Peniliti tersebut meletakkan penyu ke dalam sebuah wadah yang dikelilingi alat yang dapat menimbulkan medan magnet.Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penyu mengikuti jalur migrasi yang diberikan.Pergerakan penyu dalam mengikuti jalur medan bertujuan untuk menjaga penyu agar tetap berada di lautan yang hangat dan wilayah yang kaya akan sumber makanan.

4.Migrasi Lobster Duri.

   Lobster duri merupakan Lobster air laut yang melakukan migrasi. Kenneth Lohmann meneliti kemampuan  Lobster duri untuk mendeteksi medan magnet dengan cara meletakkan Lobster duri ke dalam bak air yang dapat diaatur medan magnetnya.Setiap kali medan magnet diubah,lobster duri akan menyesuasikan diri untuk tetap bergerak menuju arah kutub utara. Hasil penilitian menunjukkann bahwa lobster duri mampu merasakan medan magnet bumi untuk memandu migrasi yang dilakukan dari lepas lantai florida menuju lautan lepas yang lebih hangat dan tenang di setuap akhir musim gugur.

Referensi : Bukju ipa kelas 9 terbitan intan pariwara

Perkembangan Budaya di Indonesia Pada Masa Orde Baru

Perkembangan Budaya Pada Masa Orde Baru



Pada masa Orde Baru muncul istilah Angkatan 66 dalam dunia kesastraan Indonesia. Kelahiran Angkatan 66 dikarenakan adanya kemelut dalam segala bidang kehidupan akibat G 30 S/PKI.Penamaan Angkatan 66 Pertama kali diangkat oleh H.B Jassin dalam artikelnya, "Angkatan 66 Bangkitnya Satu Generasi" yang dimuat dalam majalah Horison. Pengarang dan sastrawan periode ini memiliki cita-cita memurnikan kembali Pancasila. Semangat pembaruan sangat menonjol pada angkatan ini. Sastrawan Angkatan 66 Sebagai Berikut.
a. Taufiq Ismail karyanya Sebuah Jaket Berlumur Darah, Harmoni, Karangan Bunga, Serta Tirani
    dan Benteng.
b. Goenawan Muhammad Karyanya Senja pun jadi kecil, Kota pun Jadi Putih.
c. Saini K.m karyanya Nyanyian Tanah Air (1968).
d. Sapardi Djoko Damono Karnyanya Duka Mu Abadi (1969).
e. Toeti Heraty Noerhadi karyanya Sajak-sajak 33 dan Seserpih Pinang Sekapur Sirih.

Pada tahun 1991 diselenggarakan kongres kebudayaan. Kongres kebudayaan ini diadakan di TMII, Jakarta. Dalam kongres tersebut terdapat lima subtema pembahasan sebagai berikut.
a. "Warisan Budaya : Penyaringan dan Pengembangan".
b. "Kebudayaan Nasional : Kini dan Nanti".
c. "Daya Cipta dan Perkembangan Kebudayaan".
d. "Kebudayaan dan Sektor-sektor Kehidupan Masyarakat".
e. "Kebudayaan Nasional dan Dunia".

      Kongres kebudayaan ini memperoleh tanggapan pers yang luar biasa dari semua jenis penerbitan. Pencetus gagasan dan inisiatif penyelenggaraan kongres disambut sebagai ide dan langkah hebat.
      Pengembangan budaya dan seni pada masa Orde Baru diarahkan kepada usaha-usaha memperkuat kepribadian sosial, kebanggan, dan kesatuan nasional. Oleh karena itu, dilakukan peningkatan pembinaan dan pengembangan seni secara luas melalui sekolah, kursus seni, organisasi seni, dan wah-wadah kegiatan seni lainnya dalam masyarakat. Selatin itu, dilakukan usaha pengalaman seni yang bertujuan menjamin menerukannya warisan budaya dan seni. Usaha tersebut mencakup inventarisasi, dokumentasi, dan penelitian warisan budaya nasional, pembinaan, serta pemeliharaan peninggalan-peninggalan purbakala



Referensi : Buku IPS Kelas 9 Terbitan Intan Pariwara

Penyebab Laptop/Komputer Sering Hang dan Cara Mengatasinya




Laptop Nge-hang ditandai dengan cursor panah yang tidak mau bergerak dan bahkan tidak bisa digunakan untuk menutup aplikasi, apa penyebab laptop kamu nge-hang dan bagaimana cara mengatasinya ? bisa disimak di bawah ini



1.Software yang di instal terlalu berat untuk dijalankan
Penyebab Utama Komputer yang sering ngehang yaitu software yang di instal tidak sesuai dengan sistem operasi windows atau tidak sesuai dengan komputer, misal saja jika komputer anda adalah Intel Pentium, maka kamu harus tau software mana yang komputer kamu bisa jalankan dan mana yang tidak mampu dijalankan,jika dipaksakan maka komputer kamu bakalan sering hang.

2.Hardware Tidak Terinstal Dengan Baik.
Hardware yang tidak diinstal dengan baik, bisa jadi penyebab utama laptop sering nge-hang untuk memastikan apakah hardware di laptop kamu sudah terinstal dengan baik atau belum bisa dilakukan dengan cara membuka control panel lalu pergi ke device manager, jika ada tanda seru "!" berwarna kuning, kamu harus menginstal ulang hardware dan memastikan hardwar terpasang dengan benar.

3.Ram Yang Kotor
Ram yang kotor bukan hanya menyebabkan hang, ram kotor juga bisa menyebabkan blue screen, bahkan bisa jadi monitor tidak ada tampilan gambar sama sekali. Oleh karena itu RAM sebaiknya dibersihkan secara rutin dengan cara mencabat ram dan bersihkan dengan tissue atau kain dengan hati-hati.Kemudian tancapkan lagi.

4.Laptop Terserang Virus/Malware.
 Malware adalah program yang tiba-tiba terinstal di laptop kamu padahal kamu sudah jelas-jelas tidak mendownloadnya, jika dibiarkan maka malware ini bisa semakin menguasai laptop kamu dan mengajak kawan-kawannya untuk  bersarang di laptop kamu, cara membrantas malware atau virus ini kamu bisa mendownload antivirus atau antimalware.

5.Komputer Kamu Terlalu Panas 
Laptop yang terlalu panas bisa menyebabkan komputer menjadi hang karena bisa menyebabkan hardware tidak berfungsi dengan baik, jika laptop kamu sudah panas sebaiknya segera dimatikan atau bisa menggunakan kipas .  


Tags : Penyebab laptop Sering Hang, Penyebab Komputer Sering Hang, Cara Mengatasi Komputer Hang, Cara 
           Mengatasi Laptop Hang, Kenapa Laptop Hang ?, Penyebab Laptop Suka nge-hang,  Penyebab Komputer Hang,
  


Artikel Lainnya

Artikel Lainnya