Teks Ulasan Novel Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin



Novel Daun Yang Jatuh Tak pernah Membenci Angin adalah novel karya tere liye, tere liye adalah penulis yang sangat terkenal dengan bahasanya yang khas,dari judulnya saja novel ini sudah menarik perhatian, berikut teks Ulasan dari Novel tersebut 

Orientasi
Didalam kehidupan Tania penuh dengan cobaan. Tania telah ditinggal oleh ayahnya sejak umur 8 tahun dan adiknya Dede yang masih berumur 3 tahun. Tania dan Dede sekarang hanya hidup dengan Ibunya. Sejak ditinggal oleh ayahnya kehidupan keluarga Tania semakin sulit, mereka tidak sanggup untuk membayar uang kontrakan rumah dan juga biaya sekolah. Tania dan Dede harus mengamen dari bis satu ke bis yang lain demi mencari uang untuk makan. Tania bertemu dengan seorang  malaikat yang akan membantu keluarganya, membantunya sekolah, mendapatkan tempat tinggal dan janji masa depan yang lebih baik. Seiring berjalannya waktu, Tania mulai merasakan perasaan yang berbeda bahkan saat rambutnya masih dikepang dua   dengan malaikat keluarganya. Namun Tania sadar jika ia tidak boleh membiarkan perasaannya semakin bertambah. Karena Tania tahu jika malaikatnya hanya menganggap Tania sebagai seorang  adik tak lebih. Takdir telah ditentukan oleh Tuhan manusia hanya bisa menerimanya seperti daun yang jatuh tak pernah membenci angin.

Tafsiran
Pertemuan awal Tania dan adiknya Dede dengan seseorang yang akan menjadi malaikat penolong bagi keluarga Tania.Tania yang masih berumur 11 tahun mulai mengenal perasaan yang berbeda dengan Oom Danar (malaikat keluarganya). Namun Tania belum mengerti tentang perasaan apa yang dirasakannya itu.dan adiknya Dede sekarang hanya mempunyai seorang Ibu, namun Ibu Tania tiba-tiba jatuh sakit terkena kanker paru-paru stadium IV dan akhirnya meninggal. Namun Tania tetap harus melanjutkan hidupnya karena takdir sudah ditentukan oleh Tuhan dan manusia tidak bisa menyalahkan-Nya seperti daun yang jatuh tak pernah membenci angin.Untuk melupakan kesedihannya, Tania memutuskan untuk melanjutkan sekolahnya di Singapura. Tania juga berfikir dengan dia berhasil atau mendapatkan nilai yang baik di sekolahnya ASEAN scholarship juga bisa membuat Ibunya bangga di surga.Tania berusia 17 tahun, Oom Danar dan adiknya Dede datang berkunjung ke Singapura untuk mengadakan pesta ulang tahun untuk Tania di Singapura. Oom Danar memberikan hadiah sebuah liontin bertuliskan ”T” yang menurut Tania sangat berharga untuknya.Tania bertanya tanya apa maksud dari liontin yang diberikan Oom Danar kepadanya. Setelah beberapa waktu kemudian Tania mengetahui arti dari liontin tersebut adalah hanya “sebatas teman”, adiknya Dede yang mengatakannya bahwa Ia dan Ibu juga diberikan kalung yang sama sepertinya.Graduation day Tania telah datang. Dede, Oom danar dan pacarnya Kak Ratna datang ke acara tersebut. Saat acara makan malam Oom Danar dan Kak Ratna mengumumkan acara pernikahan mereka yang akan dilaksanakan 3 bulan kemudian. Tania menangis karena pengumuman ini yang menurutnya sangat menyakitkan seperti saat kehilangan Ibunya untuk kedua kalinya.

Evaluasi
Novel ini mampu menggugah hati pembaca. Saat pembaca membaca novel ini merekan akan selalu merasa  tersentuh. Novel ini indah. Meskipun akhir dari ceritanya, bisa dibilang tidak begitu bahagia.

Rangkuman

Memberi pengetahuan kepada kita bahwa sesuatu yang terlihat sulit nyatanya tidak sesulit yang kita lihat jika kita ingin bersungguh sungguh mencapainya seperti dalam novel tokoh Tania yang pantang menyerah menjalani hidupnya walau banyak rintangan yang menghalanginya.Memegang janji ‘Aku menyeka sudut mataku yang berair. Tidak. Aku sudah berjanji kepada Ibu untuk tidak pernah menangis. Apalagi menangis hanya karena mengingat semua kenangan yang buruk itu.

Sinopsis dan Teks Ulasan Novel Hujan Karya Tere Liye


Orientasi
Hujan adalah novel karya tere liye yang menceritakan tentang keinginan tokoh utama yaitu lail yang ingin  menghapus memorinya tentang seseorang, yang mana ia meminta bantuan Elijah. Kemudian Lail mengingat alasan kenapa ia harus menghapus memorinya tersebut, dan ia pun menceritakannya kepada Elijah.

Tafsiran
Lail, gadis 13 tahun yang menjadi yatim piatu saat terjadi bencana alam. Gempa bumi dari gunung purba dan mengakibatkan tsunami di belahan bumi lain. Namun, saat bencana itu pulalah ia ‘bertemu’ dengan Esok, lelaki yang menarik tas punggungnya sehingga Lali tidak tergelincir ke dalam lorong kereta bawah tanah. Lail dan Esok kemudian ‘terjebak’ dalam percintaan selama masa pengungsian. Dimana ada Esok disana ada Lail. Tapi bukan percintaan yang biasa. Tidak  biasa karena mereka berdua memiliki cara yang ‘santun’ dalam menjaga hati .
Juga ada Maryam, sahabat setia Lail. Bertemu setelah masa-masa pengungsian dan mereka pindah ke panti. Sayangnya, hubungan Maryam dengan Lail ini sangat akrab. Maryam yang tau bahwa hubungan Esok dengan Lail itu lebih sedari sekedar percintaan biasa ., dengan karakter Lail yang introvert, dia tidak dibuat  marah ‘beneran’ ketika Maryam menggoda hubungan yang terjalin antara mereka berdua. Masa itu diceritakan kalau bencana alam yang terjadi itu baru permulaan. Setelah itu terjadi musim dingin berkepanjangan. Daerah subtropis pun bisa turun salju. Kejadian ini membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik untuk mengembalikan ke iklim yang semestinya. Sayangnya, ada efek jangka panjang yang harus diterima penduduk bumi.

Evaluasi
Novel yang disajikan dengan bahasa yang mampu menyihir pembaca ini akan membuat pembaca merasakan bagaimana rasanya harus tegar ketika ditempa masalah, melangkah maju ketika masalah begitu berat, dan rasanya jatuh cinta. Ada rasa ketika rindu bertemu pasangan, bertemu kembali setelah sekian lama tidak bertemu, dan cemburu. Yang pernah atau sedang remaja mungkin akan tersenyum melihat tingkah Lail. Imajinasimu benar-benar akan dibuat terbang oleh Tere Liye.

Rangkuman

Novel HUJAN ini memang istimewa. Tema yang diusung gak sesederhana tema novel romantis kebanyakan. Porsinya tak hanya untuk seputar cinta remaja melainkan ada bumbu-bumbu ilmiahnya. Novel ini juga berkisah tentang kepastian yang tidak pasti, tentang kabar yang hampir tidak pernah dikabarkan. Hingga membuat sepasang kekasih yang saling mencintai, juga saling menunggu untuk saling mengungkapkan.

Klik disini

Resensi Buku Tentang Budidaya Lebah Madu

Lebah madu adalah hewan yang sering dibudadayakan di indonesia, ya karena hewan ini sangat menguntungkan dan mudah dibudidayakan berikut teks resensi tentang budidaya lebah madu

Judul Resensi : Cara Membudiyakan Lebah Madu
Judul Buku     : Budidaya Lebah Madu
Jenis Buku      : Non-Fiksi
Penulis            : Ahmad Widodo
Penerbit           : Pustaka Baru Pres
Tahun Terbit   : Tidak Tertera
Halaman         : 16              

Pendahuluan :
Lebah madu telah dikenal oleh manusia sejak zaman kuno beberapa ribu tahun yang lalu. Dalam kitab suci umat islam Alquran menempatkan secara istimewa lebah madu menjadi sebuah judul salah satu surat yaitu An nahl (Lebah Madu). Pembudiyaan Lebah madu yang kini  populer berasal dari kawasan laut tengah. Di indonesia sejarah tentang budi daya lebah madu sebenarnya telah dimulai sejak ratusan tahun yang lalu, namun hal – hal mengenai budidaya lebah madu baru tercatatat pada pemerintahan penjajah belanda

Ulasan Isi :
          Lebah Merupakan salah satu jenis binatang serangga. Hidupnya di tempat-tempat yang penuh dengan tanaman dan bunga. Dalam kurun waktu sekitar delapan tahun, Species Lebah madu telah berkembang dari empat menjai sembilan species dengan tiga sub generasi yakni Sub genus micrapis : A Florea, Andreformis,Subgenus megapis,Dorsata, Laborisa,serta Subgenis Apis : Mellifera, Cerana,Koscehumikovi, Nigrocincta dan nuluesis
          Sebelum membudayakan,maka pilihlah lokasi dengan suhu 26C Karena pada suhu ini lebah beraktivitas dengan normal dan kelembapan harus selalu diperhatikan karena lebah menyukai tempat yang tidak terlalu lembab dan kering.Daratan yang cocok untuk beternak lebah madu ini adalah di lereng pegunungan atau di daratan tinggi
          Lebah yang dibudidayakan biasanya ditempatkan di stup. Stup adalah kandang lebah yang berbentuk seperti kotak, bagian-bagian Stup yaitu Ram,Kawat dan tutup stup sedangkan untuk kotaknya adalah 50x40x28 CM, bagian-bagiannya terdiri dari bagian alas, bagian sarang penelur, penyekat ratu, kotak sarang madu, penyekat karsa, penutup stup dan feeder frame
          Lebah dalam koloni ibagi menjadi 3 jenis yaitu lebah ratu yang merupakan pemimpin koloni dan menjadi tanggung jawab terhadap keutuhan dan kekompakkan koloni.Lebah jantan berasal dari telur yang tidak di buahi.Lebah ini berfungsi sebagai lebah pemecek, yakni yang mengawini sang ratu dan bertugas untuk menjaga koloni.Lebah pekerja berasal dari sel telur yang dibuahi,Lebah pekerja ini betrugas mencari sumber makanan untuk koloni.
          Sistem pembiakan pada lebah adalah menciptakan ratu baru sebagai upaya pengembangan koloni.Cara yang dilaksanakan adalah dengam pembuatan mangkok buatan untuk calon ratu yang diletakkan dalam sisiran, tetapi sekarang sudah dikembangkan dengan cara nsemnisasi pada ratu lebah.
          Pemeriksaan koloni cukup dilakukan seminggu sekali,papan lantai kotak sarang lebih cepat kotor, sehingga harus rajin dibersihkan agar terhindar dari hama dan penyakit.Pada daerah tropis penyakit lebah jarang terjadi dibandingkan daerah subtropis,iklim tropis merupakan penghalangnya penyakit.Penyakit pada lebah antara lain,foul brood yang menyerang tempayak lebah,keracunan karena penyemprotan hama, mencret, stress, chalk brood yang disebabkan oleh jamur yang menutupi tempayak,stone brood karena tempayak yang diserang jamur berubah menjadi batu yang keras
          Pakan lebah adalah nektar dan polen nektar berbentuk cairan manis yang dihasilkan oleh bunga.Produksi nektar pada satu hektar tanaman sangat dipengaruhi oleh jenis tanaman,kandungan gua dan lamanya bunga.
          Pada buku ini dijelaskan waktu panen lebah madu,madu siap panen apabila kadar airnya tinggal kira-kira 20 % dan ada tanda khusus yang diberikan oleh lebah kepada manusia yakni kalau sel-sel dalam frame penyimpanan sudah tertutup semua. Jangan sampai saat pemanenan madu itu terlambat, sebab madu yang kelewat masak akan mengkristal dan sulit diambil dengan alat ekstraksi biasa.
          Lebah madu menghasilkan madu apakah madu itu? Madu adalah cairan kental seperti sirup berwara cokelat kuning muda sampai cokelat merah yang dikumpulkan dalam indung madu oleh lebah madu, Rasa manis madu alami sesungguhnya memang melebihi manis gula karena kadar atau tingkat kemanisannya lebih dari gula pasir walau begitu rasa manis madu  alami tidak memiliki efek-efek buruk seperti halnya yang terkandung pada gula.khasiat dari madu ini sangat beragam bahkan sudah dijelaskan dalam surat an-nahl (68) dan (69),berikut manfaat dari madu, madu membantu ginjal dan usus untuk berfungsi dengan baik, madu tidak menambah berat badan, madu dapat mengobati luka bakar, madu dapat membantu pembentukan darah dan lain-lain


Kekurangan dan kelebihan:
 bahasanya agak sulit dimengerti dan banyak sekali penggunaan kata pada kalimat yang tidak efektif.Kelebihan buku ini adalah menarik minat para pembaca, tidak terlalu rumit dan sangat lengkap
Penutup :

          Buku Budidaya Lebah Madu menceritakan bagaimana cara budidaya lebah madu dengan praktis dan lengkap. Buku ini dapat dijadikan acuan untuk masyarakat yang ingin mengetahui cara budidaya lebah madu dan mencoba membudidayakannya,pembaca akan mengetahui lebah banyak tentang lebah madu dan bagimana cara membudidayakannya 

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya